Penyebab dan Tata Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan

Penyebab dan Tata Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan - Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum Wr. Wb. Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah ilmu yang saya terima dari guru saya yaitu tentang doa. Lebih tepatnya penyebab doa tidak terkabulkan dan tata cara agar doa mudah dikabulkan oleh Allah Swt.
Setiap hamba pasti pernah berdoa ataupun hampir setiap waktu mereka berdoa. Tapi beberapa diantara mereka pasti pernah merasakan doa tidak terkabulkan. Ada beberapa penyebab doa tidak dikabulkan oleh Allah Swt yang akan saya bagikan kali ini.

Penyebab dan Tata Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan
Penyebab dan Tata Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan

Doa meliputi:

  • Doa, Berdoa
  • Pengertian Doa
  • Penyebab Doa Tidak Dikabulkan
  • Doa Tidak Dikabulkan
  • Tata Cara Berdoa
  • Berdoa Mudah Dikabulkan
  • Tata Cara Berdoa Agar Mudah Dikabulkan
  • Dalil Doa
  • Mengenai Doa


Pengertian doa

Doa itu adalah suatu permintaan atau permohonan seseorang kepada Allah Swt. Ada juga yang mengartikan bahwa doa adalah cara seseorang untuk berkomunikasi dengan sang pencipta. Pada intinya doa adalah sesuatu kewajiban sebagai seorang yang beragama kepada Tuhannya. Setiap manusia pasti memiliki doanya masing masing. Biasanya doa berisi tentang impian atau harapan dari hambanya.

Penyebab doa tidak terkabulkan

Setiap manusia pasti pernah berdoa. Bahkan beberapa dari mereka hampir setiap waktu memanjatkan doa kepada sang pencipta. Doa ada yang cepat dikabulkan ada pula yang harus menunggu lama untuk dikabulkan. Semua itu tergantung keseriusan seseorang untuk meraih doanya.
Simak hadits berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ { يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ } وَقَالَ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ } ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ
Dari Abu Hurairah –semoga Allah meridlainya- beliau berkata: Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah adalah baik dan tidaklah menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin sebagaimana perintah kepada para Rasul :

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ
Wahai sekalian para Rasul, makanlah yang baik-baik dan beramal sholihlah, sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan (Q.S al-Mukminun:51)

Dan Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ
Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik dari rezeki yang Kami berikan kepada kalian (Q.S Al Baqoroh:172).

Kemudian Nabi menceritakan keadaan seseorang yang melakukan safar panjang, rambutnya kusut, mukanya berdoa, menengadahkan tangan ke langit dan berkata: Wahai Rabbku, wahai Rabbku. Sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, diberi asupan gizi dari yang haram, maka bagaimana bisa diterima doanya?! (H.R Muslim)

Dari hadits di atas kita mempelajari bahwa doa hanya bisa dikabulkan setalah memenuhi syarat.
Berikut ini adalah penyebab doa sulit dan mungkin tidak bisa dikabulkan.
Petuah Ibrahim bin Adham:
"Penyebab doa kalian tidak dikabulkan adalah karena kalbu/hati kalian mati oleh 10 perkara, antara lain:
1. Kalian mengenal Allah namun kalian tidak memenuhi hak-hakNya,
2. Kalian mengaku mencintai Rasulullah SAW, namun kalian tinggalkan sunnah-sunnah Beliau,
3. Kalian membaca Al-Quran namun kalian tidak mengamalkan isinya,
4. Kalian memakan rezeki Allah namun kalian tidak menunaikan syukurnya,
5. Kalian mengatakan bahwa setan adalah musuh kalian namun kalian menyutujuinya dan tidak menentangnya,
6. Kalian mengatakan bahwa surga itu benar namun kalian tidak beramal untuk mendapatkannya,
7. Kalian mengatakan bahwa neraka itu benar adanya namun kalian tidak melarikan diri darinya,
8. Kalian mengatakan bahwa mati itu benar adanya namun kalian tidak bersiap sedia menghadapinya,
9. Begitu kalian bangun tidur kalin sibuk mencari-cari aib orang lain dan melupakan aib kalian sendiri,
10. Kalian menguburkan orang mati namun kalian tidak menarik pelajaran darinya."

Tata Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan

Dari penyebab doa sulit/tidak mungkin untuk dikabulkan, kita tahu kita harus kembali menghidupkan kalbu/hati dengan memperbaiki 10 perkara di atas.
1. Tunaikan hak hak Allah Swt maka Allah akan menunaikan keinginan/doa kita,
2. Hidupkan kembali sunnah-sunnah Rasulullah SAW,
3. Amalkan kandungan/isi dari Al-Quran,
4. Syukuri rezeki yang diberikan Allah dan bersedekahlah,
5. Hindarkan diri dari perilaku setan,
6. Laksanakan perintah Allah,
7. Jauhi larangan Allah,
8. Beribadahlah kepada Allah untuk bekal mati,
9. Jangan suka mencari aib orang lain, lebih baik perbaiki aib sendiri,
10. Belajarlah dari orang mati.

Dalil mengenai doa

Surat Al-A'râf ayat 55-56
 

Artinya: "Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan)."
Surah Al-Baqarah ayat 186
 

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepada engkau tentang Aku, maka sesungguhnya Aku sangat dekat (kepada mereka). Aku perkenankan doa orang-orang yang mendoa apabila ia memohon (mendoa) kepada-Ku. Sebab itu, hendaklah mereka memenuhi (seruan)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, mudah-mudahan mereka mendapat petunjuk."
Surah Al-Mu'min, ayat 60
 

Artinya: "Dan berfirman Tuhanmu "Memohonlah (mendoalah) kepada-Ku, Aku pasti perkenankan permohonan (doa) mu itu."
Surah Al-A'râf, ayat 180:
 

Artinya: "Dan Allah mempunyai nama-nama yang sangat indah (Al-Asmâ'u al-Husnâ), maka memohonlah kamu kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama itu."
Surah Al-Isrâ', ayat 110
 

Artinya: "Katakanlah olehmu hai Muhammad: berdoalah (pujilah) akan Allah atau berdoalah (pujilah), akan Ar-Rahmân (Maha penyayang)."
Surah Yûnûs, ayat 10
 

Artinya: "Doa (percakapan) mereka di dalamnya (surga), adalah Allâhumma (Mahasuci Engkau wahai Tuhan)."

Al-Hadits
Diriwayatkan dari Abû Dâud dan Al-Turmudzî
 

Artinya: "Doa itu adalah lbadah.
Diriwayatkan dari Al-Turmudzî yang artinya sebagai berikut: 
"Barangsiapa dibukakan pintu doa untuknya, berarti telah dibukakan pula untuknya segala pintu rahmat. Dan tidak dimohonkan kepaia Allah, yang lebih disukai-Nya selain daripada dimohonkan 'afiyah. Doa itu memberi manfaat terhadap yang telah diturunkan dan yang belum diturunkan. Dan tak ada yang dapat menangkis ketetapan Tuhan, kecuali Doa. Sebab itu berdoa kamu sekalian." (HR. Al-Turmudzî).
Diriwayatkan dari Al-Turmudzî
 

Artinya: "Tiap Muslim di muka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan Allah, atau dijauhkan Allah daripadanya sesuatu kejahatan, selama ia mendoakan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang." (HR Al-Thurmudzî).



Penutup


Doa adalah harapan hamba kepada Tuhannya. Doa dapat dikabulkan ataupun mudah dikabulkan jika hati/kalbu seorang hamba tersebut tidak mati. 
Mungkin beberapa uraian di atas membantu bagi kalian yang ingin mendalami lagi tentang doa. Bagikan terus ilmu ini supaya bisa menjadi bekal kalian di akhirat yang abadi nanti. Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 Response to "Penyebab dan Tata Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan"

Post a Comment